10 Cara Menyelesaikan Tugas Sekolah Yang Menumpuk

Whidie ID 21 Jan 2018 - 11:18 3 Komentar
gambar

Sering kali kita mendapatkan banyak tugas sekolah yang lumayan sulit untuk dikerjakan, sampai pada akhirnya tugas tersebut terbengkalai lalu menumpuk. Yah, tugas sekolah kadang membuat kita pusing dan prustasi, apa lagi jadwal kerjaan pribadi yang sudah sangat padat.

Lantas, apakah ada cara agar tugas sekolah tersebut bisa kita selesaikan tanpa masalah atau tugas yang terus menghantui pikiran kita bisa terselesaikan? tentu saja bisa, yang paling diutamakan adalah "Kemauan". Karena tanpa "Kemauan" kamu tak akan dapat menyelesaikannya, tapi kemauan saja juga belum cukup, kamu juga perlu persiapan khusus agar semuanya berjalan lancar.

Sesuai dengan judul artikel kali ini, saya akan memberikan solusi bagi kamu yang merasa mempunyai tugas sekolah yang menumpuk dan bingung harus mulai dari mana. Jadi, silahkan simak dengan cermat yak.



10 Cara menyelesaikan tugas sekolah yang menumpuk :

1. Catat Semua Tugas

gambar

Pertama-tama sebelum mengerjakannya, catat semua tugas sekolahmu dalam selembar kertas. Gunanya, untuk mengetahui berapa jumlah tugas yang harus kamu kerjakan. Saya sarankan, urutkan berdasarkan jenis mapel tugasmu itu.

Contoh :

B.Indonesia
- Menghafal Teks Pidato
- Membuat Puisi
- Menulis Karangan
- ........

Dengan begitu, kamu bisa tau mapel apa saja yang ada pada tugasmu itu.

2. Tentukan Tingkat Kesulitannya

gambar

Analisislah tingkat kesulitan dari tiap tugas, kamu dapat menggunakan 3 tanda ini : Easy - Medium - Hard untuk menandainya, sebab dengan ini kamu dapat mengerjakannya dari yang paling mudah terlebih dahulu.

3. Cek Masa Penyerahan Tugas & Atur Waktu

gambar

Jika penyerahan tugas itu diserahkan besok, maka utamakan dulu tugas tersebut. Tapi jika tugasnya diserahkan 2, 3, 4 harian maka boleh bersantai sedikit tapi jangan terlalui santai sampai lupa tugasnya yah.

Pengaturan waktu juga sangat penting, sebisanya kerjakan 1 tugas/1 jam lalu beralih ke tugas berikutnya walaupun tugas tadi belum selesai. Jangan sampai seharian kamu mengerjakan tugas tapi yang dikerjakan hanya 1 tugas saja.

4. Siapkan Peralatan

gambar

Siapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti pensil, pulpen, penghapus, serutan, penggaris dan lain-lain dan jangan lupa sertakan buku pelajaran atau catatan untuk mengerjakan tugasnya, yang pasti udah mengerti kan maksudku.

5. Kerjakan Tugas Dengan Serius

gambar

Dan kini saatnya kamu untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut, saran saya kerjakan diruang yang tenang dan bersih agar proses pengerjaan nyaman.

6. Tanya Google

Jika terdapat soal yang lumayan sulit untuk dikerjakan, tidak ada dibuku atau memang malas mencarinya dibuku, kamu dapat menuliskan kesimpulan dari soalmu itu dipencarian google atau juga dapat dicari di wikipedia. Cara ini memang cara yang tepat untuk mengerjakan tugas PG atau Essay.

7. Siapkan Cemilan/Snack

Bagian ini sih memang tak terlalu penting, tapi buat jaga-jaga saja jika lemas/lesu saat mengerjakan tugas. Buat menambah energi saja kok, kalau kasih saran, siapkan saja snack seperti pilus, tic tac, tortilas, ..... dalam sebuah mangkuk, dijamin gak bakal bosan, hehehe.

8. Beristirahat Sejenak

Misal jika terlalu lama mengerjakannya, kamu bisa ambil jeda 15 menit untuk istirahat. Kadang tangan merasa pegal dan berkeringat yang membuat kita sulit untuk menulis.

9. Minta Bantuan Teman

Jika tugasmu memang banyak sekali, tidak ada salahnya jika kamu meminta bantuan temanmu untuk mengerjakan tugas sekolahmu atau memang temanmu itu sama sepertimu kamu bisa mengerjakannya bersama.

10. Atur Jadwal

Jika hari ini tugasmu belum selesai, kamu dapat mengerjakannya besok dan buat jadwal kapan kamu akan melanjutkannya.

Semoga Bermanfaat.

Komentar

3 Tanggapan dari "10 Cara Menyelesaikan Tugas Sekolah Yang Menumpuk"

Komentar baru











Please refresh...

Smiley

aplikasi youtube downloader